Tercatat 6 Kali Alami Gempa

Gunung Sinambung Status Awas

Gunung Sinabung

TANAHKARO/86 -- Gunung Sinabung yang berada di kabupaten Karo Sumatera Utara kini berstastus awas. Hal ini tercatat gunung tersebut sudah mengalami enam kali di guncang gempa pada 1 Februari 2019 kemarin.

Berdasarkan situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), melalui rekaman seismograf Gunung Sinabung diguncang 2 kali gempa hembusan, 1 kali gempa tornillo, 1 kali gempa tektonik lokal, dan 2 kali gempa tektonik jauh.

" Dari kemarin hingga pagi ini visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut, asap kawah utama berwarna putih tipis hingga tebal tinggi 300 meter dari puncak. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan barat," tulis PVMBG dalam situs resminya, Sabtu (2/2/2019).

PVMBG juga mengimbau bagi masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer hingga 7 kilometer.

"Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat," ujar PVMBG. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar