Pasca Gempa Mentawai

Jemaat Bangun Tenda untuk Ibadat

Kondisi gereja rusak akibat goncangan gempa

PADANG/86 -- Sebuah Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) milik Jemaat Kaute' Resort Sibaibai, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap rusak parah pasca gempa pada Minggu 3 Februari 2019 kemarin.

Gempa sebelumnya menggoyang wilayah Pulau Pagai Utara dan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Alhasil, jemaat terpaksa membangun tenda darurat untuk aktivitas peribadatan mereka.

Salah satu pendamping desa di Mentawai, Ferdinan Salamanang mengaku, mengetahui kabar robohnya salah satu bangunan gereja sejak Minggu 3 Februari 2019 kemarin.

“Jemaat terpaksa menjalankan kebaktian di halaman gereja dengan memakai tenda biru dan kursi-kusi dalam gereja dipindahkan ke luar,” katanya.

Dia menuturkan, gereja ambruk sekitar pukul 17.59 WIB saat gempa ketiga terjadi dengan kekuatan 6 skala richter. Bahkan, menara gereja tersebut sampai tumbang.

“Bagian menara gereja itu yang roboh dari bawah sampai ke atas, kemudian lantai gereja sudah retak dan terkelupas, tidak layak lagi dipakai. Tidak ada korban jiwa yang tertimpa dan rumah di sekitar gereja juga tidak mengalami kerusakan,” ucap Ferdinan.

Sementara sampai hari ini warga yang sempat mengungsi saat gempa pada Sabtu (2/2) lalu sudah kembali ke rumah warga, namun warga tetap waspada. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar