Di Kampung Ini, Ada Warung Makan Gratis untuk Pelanggan Tiap Hari

Warung gratis tiap hari memanfaatkan garasi sebagai lokasi

KARANGANYAR/86 -- Menyediakan makanan gratis setiap hari Jumat mungkin sudah sering kita lihat di warung-warung makan. Namun jika makan gratis setiap hari, mungkin baru ada di beberapa tempat, salah satunya di Karanganyar.

Warga Perumahan Josroyo Indah, Kecamatan Jaten, Karanganyar, berinisiatif patungan untuk membuka warung makan gratis itu. Warung bertajuk 'Jaten Bebas Lapar' itu dibuka sejak 14 Februari 2019.

Warung di Jalan Bromo RT 01 RW 20, Jaten, Karanganyar, itu memakai garasi salah satu warga perumahan. Masyarakat bisa makan sepuasnya sambil lesehan di warung itu.

Layaknya warung masakan Jawa, pengunjung bisa mengambil nasi secukupnya. Ada lima sampai enam pilihan sayur dan beberapa macam lauk yang disiapkan.

"Warung buka setiap Senin sampai Sabtu, Minggu dan libur hari besar tutup. Buka pukul 14.00 sampai 17.00 WIB," kata salah satu inisiator warung makan gratis, Harry Pramudjoko, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, ide warung ini berawal dari kegiatan rutin jemaah masjid setempat. Seusai salat jumat dan setelah salat subuh berjemaah di hari Minggu, takmir masjid membagikan makanan gratis.

"Program hari Jumat bisa jalan, Minggu juga jalan. Ini kami yakin setiap hari juga bisa jalan," ujarnya.

Para penggagas menyadari bahwa masih ada warga yang kondisi ekonominya kurang baik. Warung gratis ini pun diharapkan bisa membantu mereka.

"Tapi ini bukan hanya untuk warga tidak mampu. Ini bebas, mau miskin, kaya, apapun agamanya, warga sini atau warga manapun boleh makan di sini. Kita juga pastikan ini bebas dari politik dan kepentingan apapun, tapi murni sedekah," katanya.

Selain patungan, warga juga menerima donasi masyarakat melalui transfer bank. Warga berkomitmen program makan gratis ini harus berjalan meskipun donasi di luar patungan warga tidak terkumpul.

"Kita hitungkan, sehari 100 porsi. Satu porsi dihitung Rp 6 ribu. Berarti setiap hari butuh Rp 600 ribu. Insyaallah kami komitmen harus jalan, apapu yang terjadi," tutupnya. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar