Puluhan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga

Ilustrasi gajah Sumatera

BANDAR LAMPUNG/86 -- Kawanan gajah liar merusak perkebunan milik warga di Blok 9 Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Jumlah kawanan gajah liar itu diperkirakan mencapai puluhan ekor.

" Ya benar ada kawanan gajah liar berjumlah puluhan masuk ke daerah perkebunan warga di Suoh, Lampung Barat. Gajah-gajah itu merusak tanaman," kata anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Barat Mardiana.

Ia mengatakan, kawanan gajah liar ini sudah hampir satu minggu berdiam di perkebunan warga dan merusak puluhan hektare lahan pertanian dan perkebunan milik warga. Selain lahan perkebunan dan pertanian, ada dua rumah warga rusak akibat amukan gajah liar tersebut.

"Kawanan gajah liar ini sudah sering masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian milik warga. Bahkan tahun lalu ada korban yang meninggal dunia," katanya.

Mardiana menuturkan, melihat kawanan gajah liar masuk ke wilayah perkebunan dan pertanian, warga pun tidak bisa melakukan apa-apa.

"Kami hanya menunggu sampai pihak yang berwajib berhasil mengusir kawanan gajah liar ini," tuturnya.

Mardiana mengharapkan ada pihak atau instansi terkait bisa menggiring atau mengusir kawanan gajah liar tersebut keluar dari perkebunan warga karena dikhawatirkan hewan berbelalai dan dilindungi undang-undang ini juga masuk ke permukiman warga. (merdeka)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar