Ngerinya Banjir Terjang SD di Bandung: Siswa Menangis dan Naik Meja

Istimewa

BANDUNG/86 --- SDN 106 Aji Tunggal Cijambe di Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, mengalami kerusakan akibat terjangan banjir, Senin (1/4/2019) sore.

Sewaktu kejadian, ratusan siswa di sekolah tersebut tengah mengikuti aktivitas belajar. Sebelum banjir menerjang, guru SDN 106 Aji Tunggal Cijambe Tutinah (57) menuturkan, hujan mengguyur wilayah tersebut sekitar pukul 15.15 WIB.

Ia mengajar puluhan siswa kelas empat di lantai bawah. Bangunan sekolah ini dua lantai. Tiga puluh menit kemudian, dia mendengar suara tanggul penahan air Kali Cicalobak yang berada tepat di belakang sekolah ambruk. Tidak lama, air langsung masuk ke area kelas tempat Tutinah mengajar.

" Pertama airnya itu selutut, lama kelamaan langsung tinggi sepinggang orang dewasa," katanya saat ditemui di lokasi.

Melihat derasnya air, membuat suasana mencekam. Puluhan siswa yang sedang bersama Tutinah terlihat panik dan histeris. Dia langsung memerintahkan para peserta didiknya itu naik ke atas meja agar tidak terseret air.

"Saya suruh anak-anak naik ke atas meja. Terus pake bangku juga mereka berdiri. Ada yang nangis," ucap Tutinah.

Dia bersama puluhan siswa itu terjebak di dalam kelas. Setelah air mulai sedikit surut, warga dan pihak lainnya membantu untuk mengevakuasi. "Ada mungkin 45 menit (di kelas), setelah itu ada warga yang bantu evakuasi," ucapnya.

Guru lainnya, Kuswantini (57),mengatakan saat banjir menerjang itu ada ratusan siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mereka terdiri dari siswa kelas 3,4 dan 5 yang kebetulan masuk siang.

" Tadi itu ada kelas 3 dua kelas, kelas 4 lima kelas, empat juga lima kelas," katanya.

Dia merasakan dahsyatnya banjir yang mengepung sekolah tempatnya mengajar. "(Airnya) Tinggi banget, tadi pas kejadian. Tapi semua alhamdulillah selamat," ujar Kuswantini.

Pantauan di lapangan, saat ini petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Basarnas, PMI dan petugas lainnya sudah berada di lokasi. Para petugas terlihat masih melakukan penyisiran di lokasi kejadian.

Bangunan SDN Aji Tunggal terlihat mengalami rusak parah. Derasnya air yang mengalir membuat beberapa sisi bangunan sekolah mengalami kerusakan. Bahkan di area lapangan upacara tertutupi gundukan tanah sisa banjir. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar