Menpar Komit Wujudkan Pulau Rupat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Istimewa

TANJUNGMEDANG/86 -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Selasa (20/8/2019).

Kedatangan Menpar Arief Yahya didampingi Gubri H Syamsuar dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal, disambut Bupati Amril Mukminin, Sekretaris Daerah H Bustami HY, Camat Rupat Utara Agus Sofyan dan jajaran Pemkab Bengkalis lainnya yang sejak pagi sudah berada di Rupat Utara.

Menpar dan Gubri menggunakan helikopter dari Pekanbaru dan mendarat di Lapangan Sepakbola Sri Perkasa Kecamatan Rupat Utara. Setelah itu Menpar dan Gubri disematkan tanjak dan selendang oleh tokoh masyarakat Kecamatan Rupat Utara dan disambut dengan pencak silat.

Selanjutnya, rombongan langsung menuju Pantai Lapin di Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara. Menpar mengaku kagum atas suasana pantai dan keindahan alam yang mempesona di Kecamatan Rupat Utara.

"Saya lihat dari atas tadi, pantainya indah, airnya bersih. Cocok untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia," katanya.

Dalam perbincangan singkat bersama Gubri, Bupati Bengkalis dan Camat Rupat Utara, Menpar Arief Yahya mengatakan komitmennya untuk mengembangkan kawasan pariwisata di Provinsi Riau.

" Khususnya di Pulau Rupat ini. Kita ingin Pulau Rupat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata,'' jelasnya.

Pertimbanganya, selain posisinya strategis, katanya, juga karena dekat dengan pasar serta berhadapan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Cina.

Kemudian sambungnya lagi, untuk lebih cepat mengembangkan pariwisata yang ada di Pulau Rupat ini, salah satunya melalui KEK. Untuk menjadikan Pulau Rupat sebagai KEK Pariwisata, Menpar Arief Yahya meminta dukungan kepada semua pihak.

" Dukungan tersebut diperlukan supaya azam ingin menjadikan Pulau Rupat sebagai KEK dapat segera terimplementasikan,'' pintanya.

Segera Terwujud

Sementara Bupati Bengkalis juga berharap Pulau Rupat sebagai KEK Pariwisata bisa segera terwujud. Dia optimis, kedatangan Menpar Arief Yahya bersama Gubri H Syamsuar tersebut merupakan pertanda baik bagi percepatan terwujudnya pulau Rupat sebagai KEK.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Riau H. Syamsuar dan Sekda Bengkalis Bustami HY.

"Kita tentu sangat berharap status pulau Rupat sebagai KEK segera terwujud, karena apabila sudah menjadi KEK, maka akan menjadi magnet bagi investor untuk menanamkan modalnya atau berinvestasi di pulau Rupat," ujar Bupati Amril.

Di kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan dan meminta dukungan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Pariwisata untuk percepatan pembangunan, termasuk insfrastruktur di Pulau Rupat.

Turut mendampingi Bupati Bengkalis dalam kunjungan Menteri Pariwisata tersebut, Wakapolres Bengkalis Kompol Kurnia Setiawan, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY, Staf Khusus Bupati H. Isa Selamat, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj. Umi Kalsum, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Indra Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis Anharizal, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bengkalis H. Hermanto Baran, Camat Rupat Utara Agus Sofyan, Danramil Rupat Kapten Inf Sagino serta sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (rilis/GoRiau)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar