Moeldoko: Pemerintah Sudah Beprestasi Tangani Karhutla, Tapi Harus Dievaluasi

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko saat memberikan sambutan pada pelaksanaan PSR di Kecamatan Balai Jaya

BAGANBATU/86 -- Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyatakan pemerintah sudah mendapatkan prestasi dalam menekan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), khusus di Riau.

Namun tetap harus dilakukan evaluasi dan upaya peningkatan dalam penanganan sesuai prosedur dibuat. Pemerintah sudah menyiapkan konsep khusus untuk mencegah atau mengurangi karhutla, diantaranya melakukan evaluasi pengalaman masa lalu dan ditingkatkan upaya penanganan dengan melibatkan semua unsur terkait.

"Kebakaran hutan sudah berhasil kita tekan, tapi pemerintah tidak akan berhenti dan akan terus menyiapkan langkah dan strategi khusus untuk pencegahan dan penanganan lebih serius," kata Moeldoko dalam kunjungan kerja menghadiri Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun 2018, Sabtu (23/2/2019) di kepenghuluan Kencana kecamatan Balai Jaya.

Penanganan karhutla bukan hanya pekerjaan pemerintah, TNI Polri dan instansi terkait, tapi perlu pelibatan semua pihak bersatu padu dengan semangat sama untuk mencegah terjadi kebakaran yang bisa berdampak buruk terhadap lingkungan dan manusia.

Upaya penanganan kebakaran hutan ini, lanjutnya akan dibuatkan kesepakatan dan komitmen bersama semua pihak, karena karhutla di lahan gambut tidak mengenal siapapun bisa jadi korban.

" Tahun ini sudah tidak ada lagi kabar kalau kita ekspor asap dan tidak ada lagi anak-anak dan orang tua yang tak bisa bernafas karena memakai masker," kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini juga melihat lahan di Provinsi Riau masih sangat produktif dan tidak ada kosong. Karena di sepanjang perjalanan ke Rokan Hilir lewat udara terlihat perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri.

"Lahan di Riau tidak ada lahan kosong dan semua masih produktif, ditumbuhi sawit dan tanaman industri, sehingga kejadian harus dicegah dan dijaga agar tidak ada kebakaran hutan lahan," sebutnya.

Dalam Kunker KSP Moeldoko ke Rokan Hilir ini didampingi Gubernur Riau  Drs H Syamsuar Msi dan Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno Amp ini juga menyebut bahwa Presiden RI, Joko Widodo sudah berpesan khusus kepada pemerintah daerah terkait hal penanggulangan kebakaran hutan dan lahan supaya dapat ditekan. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar