Nyepi 2019

Catat! Mulai Besok Siang Seluruh ATM di Bali Dimatikan

Istimewa

DENPASAR/86 --- Saat Nyepi akses internet di luar obyek vital bakal dimatikan. Tak hanya internet, anjungan tunai mandiri (ATM) di seluruh Bali juga bakal dimatikan.

"ATM di luar kantor sebagian besar akan dimatikan Rabu (6/3) mulai pukul 12.00 Wita dan aktif kembali Jumat (8/3) pukul 07.00 Wita," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana lewat pesan singkat, Selasa (5/3/2019).

Tak hanya ATM, mesin-mesin Electronic Data Capture (EDC) seluruh Bali juga bakal dimatikan selama perayaan Nyepi berlangsung. Sehingga seluruh transaksi pada malam Nyepi menggunakan uang tunai.
" Untuk ATM di area kantor akan dimatikan Rabu (6/3) sekitar pukul 18.00 Wita. Demikian juga halnya dengan EDC juga akan off sama dengan ATM," imbuh Cik, sapaan karibnya.

Cik memprediksi kebutuhan uang tunai selama Nyepi tahun ini mencapai Rp 2,4 triliun. Sebab, Hari Raya Nyepi tahun ini bertepatan dengan libur akhir pekan sehingga kebutuhan uang cukup tinggi.

" Kebutuhan uang tunai/kartal menghadapi Nyepi kali ini adalah sekitar Rp 2,4 triliun. Hal tersebut karena Nyepi kali ini bertepatan dengan weekend dan awal bulan, sehingga liburnya agak panjang sama dgn Nyepi tahun 2017 lalu. Sehingga permintaan kebutuhan uang cukup tinggi antara lain untuk kebutuhan belanja Nyepi, gaji pegawai di awal bulan dan pengisian ATM karena libur panjang," jelasnya.

Cik mengatakan pihaknya sudah menyosialisasikan hal ini ke seluruh bank. Aturan ini juga mengacu pada Perda soal internet atau jaringan mati sementara selama Nyepi.

"Seluruh Bank di Bali memperlakukan hal yang sama. Seluruh stakehokders, nasabah dan masyarakat Bali juga sudah biasa dengan hal ini karena memang ini kan sudah rutin," ucap Cik. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar