Pelaku yang Acak-acak Masjid Ditangkap

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono

BANYUMAS/86 --- Pelaku yang acak-acak Masjid Daarussalam, Banyumas akhirnya ditangkap oleh aparat polisi.

Berikut ini penjelasan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono. "Itu sudah terungkap," kata Condro usai apel gelar pasukan menjelang masa kampanye terbuka di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (22/3/2019).

Condro mengatakan bahwa pelaku ditangkap tadi malam. "Tadi malam sudah tertangkap pelakunya," lanjutnya.

Namun Condro belum mengungkap secara detail identitas pelaku. Termasuk soal berapa orang dan di mana pelaku diamankan.

Diberitakan sebelumnya, masjid yang terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Tambak, Banyumas ini diacak-acak orang tak dikenal pada Kamis (21/2) pagi. Karpet dikotori dan sejumlah kitab dibuang ke dalam sumur.

" Kita dapat laporan dari unsur wilayah telah terjadi beberapa perusakan di tempat ibadah, kami langsung cek lokasi, yang pertama itu di taman pendidikan Alquran (TPA) Daarussalam, di mana setelah kita cek di sana kita lihat secara langsung bahwa kitab suci Alquran dan tempat ibadah dikotori dan sebagian Alquran dibuang ke sumur. Kita tidak tahu karena campur dengan karpet dan meja-meja," kata Sekertaris Desa, Agus Supriadi, Kamis (21/3/2019).

Selain masjid, kerusakan juga ditemui di lahan yang ditanami puluhan pohon oleh santri Pondok Pesantren Jami Miftahul Fallah. Karung beras milik petani yang ada di sekitar pondok juga dirusak.

Rumah pengasuh TPA Daarussalam, Kiai Abdul Majid juga tak luput jadi sasaran. Rumah Abdul Majid dilempar batu. Mendengar lemparan batu, Abdul Majid kemudian keluar dan melihat ada batu besar yang mengenai keramik rumahnya hingga pecah.

Namun dia tidak melihat ada orang lain di sekitar rumahnya saat itu. "Antara jam 4.15 WIB saya dengar suara seperti lemparan batu, lalu saya bangunin istri karena saya kira itu kejadian alam, dan tidak punya prasangka yang apa-apa. Setelah bangun lantas saya suruh keluar, saat mau keluar ada suara lagi duar, setelah itu saya berpikir ini orang tidak baik lantas saya buka pintu dan saya tengok kanan kiri tidak ada apapun," jelasnya, Kamis (21/3). (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar