Catut Nama Kapolres Kukar, Agus Tipu Pengusaha Rp 100 juta

Pelaku saat diamankan

SAMARINDA/86 ---  Agus Haryanto (38), warga Berau, Kalimantan Timur, dibekuk polisi atas kasus penipuan. Dia diduga menipu pengusaha dengan mencatut nama Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar.

Modusnya, memasang foto profil Kapolres di WhatsApp Messenger. Agus ditangkap Kamis (28/3) siang.

Kasus penipuan itu bermula dari pesan WhatsApp yang diterima Gusti Chaliq (46) alias Alex, Rabu (27/2) lalu. "Pesan WhatsApp pertama itu profil foto menggunakan foto Pak Kapolres Kukar," kata Kasat Reskrim Polres Kutai Kartanegara, AKP Damus Asa saat dikonfirmasi, Minggu (31/3) malam.

Selang 2 hari kemudian, pelaku kembali mengirim pesan WhatsApp meminta bantuan dana Rp 100 juta serta menyertakan rekening tujuan pengiriman uang.

" Jadi hari Jumat (1/3) itu, korban (Alex) ini meminta stafnya atas nama Rahmad mengirimkan uang Rp 100 juta ke nomor rekening yang dikirim pelaku," ujar Damus.

"Tapi pada hari Minggu (24/3), si pelaku pengirim pesan WhatsApp yang mengaku Pak Kapolres Kukar ini, minta uang lagi dengan alasan istri sakit. Pak Alex curiga dan menelpon ke nomor itu tidak bisa dihubungi," tambah Damus.

Merasa ada kejanggalan, Alex mencari tahu kebenaran nomor pengirim pesan WhatsApp yang mengaku Kapolres Kukar. Akhirnya diketahui nomor tersebut bukan lah nomor ponsel Kapolres Kukar.

"Kemudian (Rahmad) melapor ke kantor dan kami lidik. Kami temukan pengirim pesan WhatsApp ini ada di Tanjung Redeb di Berau. Tim ke Berau dan pelaku atas nama Agus Haryanto kita amankan hari Kamis (28/3)," terangnya.

Damus menambahkan uang hasil menipu tidak lagi utuh lantaran telah dipakai oleh pelaku untuk memperbaiki mobil miliknya. Atas ulahnya, Agus dijerat dengan pasal penipuan dan dijebloskan ke bui.

" Sebagai barang bukti, kita amankan 1 kartu ATM, 1 ponsel dan 1 lembar nota perbaikan mobil Mitsubishi Pajero," tandas Damus. (merdeka)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar