Mahasiswa Kukerta Olah Bonggol Pisang Jadi Pupuk Kompos

Istimewa

BENGKALIS/86 --- Ada penemuan baru di Desa Suka Damai, Kecamatan Rupat Utara, penemuan itu oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat (KUKERTA PPM) tahun 2019.

Para mahasiswa yang ditempatkan di Desa Suka Damai Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis memberikan edukasi tentang cara pengolahan kompos dengan bahan bonggol pisang.

Pengolahan kompos dengan bonggol pisang dipilih karena merupakan salah satu potensi desa yang ada di Desa Suka Damai, dimana pohon pisang mudah didapatkan di desa tersebut.

Selain itu penggunaan bonggol pisang juga bertujuan untuk menciptakan pupuk organik yang murah dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan sekitarnya.

Edukasi cara pengolahan kompos kepada warga juga dikarenakan sebelumnya desa ini memiliki alat pengolahan kompos, namun tidak dimanfaatkan secara maksimal karena kurangnya pemahaman warga tentang bahan yang mudah dan efektif digunakan. 

" Harapan dengan adanya edukasi tentang pengolahan kompos dari bahan bonggol pisang, warga Desa Suka Damai dapat memanfaatkan potensi desa dan alat pengolahan kompos dengan baik," tutur M Rifal Fan Putra selaku koordinator Desa Suka Damai. (Bang Andi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar