Wow.....Status ODP Virus Corona di Rohil Jadi 411 Orang

Juru bicara gugus tugas Rohil H.Ahmad Yusuf didampinggi Plt kadis Kominfotiks Hermanto S.Sos memberikan keterangan, Kamis (26/3/2020)

BAGANSIAPIAPI/86 - Orang dalam pantauan (ODP) terkait Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) per hari ini, Kamis (26/03/2020) pukul 17.00 wib menjadi 411 orang. Data ini didapat dari 20 Puskesmas di Rohil.

"Kami sudah meng update data dari 20 puskesmas yang ada di Rohil. Sedabgkan pasien dalam pantauan atau PDP nihil," kata
juru bicara gugus tugas Rohil H.Ahmad Yusuf kepada wartawan.

Ia menjabarkan, bahwa dari 411 orang ini terbanyak di Kecamatan Pasir Limau Kapas. Disusul Kecamatan Balai Jaya dan Kecamatan Bangko Kanan.

Data ODO melonjak signifikan dari tiga hari yang lalu tersebut. Katena ODP itu adalah orang yang dapat menunjukkan gejala maupun orang yang tidak bergejala.

"Jadi tidak hanya mereka yang menunjukkan gejala mengarah ke indikasi covid-19 yang dimasukkan ke status ODP. Akan tetapi mereka yang tidak menunjukkan gejala namun memiliki riwayat berpergian dari luar negeri juga termasuk status ODP," ujarnya.

Hal ini sebutnya belajar dari kasus Wuhan dan DKI. Sehingga jangan sampai orang yang tidak memiliki gejala covid-19 namun sudah terpapar virus Corona bahkan positif tetapi tidak menunjukkan gejala.

Guna mengantisipasi terhadap orang yang positif virus namun tidak menunjukkan gejala ini. Karena bisa menjadi penular kepada orang lain.

Oleh sebab itu diharapkan kepada petugas puskesmas sesuai dengan petunjuk operasional. Jadi tidak ada persoalan seandainya ODP banyak.

“Karena ini merupakan sebagai bukti kita sudah benar-benar melakukan penjaringan di Rohil. Kalau data saat ini tinggi, itu artinya kita harus kuatir,” pintanya.

Namun diharapkan dari ODP ini semuanya tidak ada persoalan. Sehingga semuanya tidak ada mengarah ke positif.

Sementara itu, Plt kadis Kominfotiks Hermanto S.Sos menambahkan bahwa media center tanggap Covid-19 gugus tugas Rohil akan menyampaikan data secara update terkait covid-19 setiap hari dimulai pukul 17.00 wib. Tentunya dengan data yang tersaji akan memudahkan dalam pengawasan.

“Ya hasil pemantauan ini merupakan hasil attensi dari petugas puskesmas untuk melaksanakan pemantauan secara kontinyu yang kemudian dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Rohil yang selanjutnya diteruskan ke media center. Setiap hari jam 17.00 wib atau lima sore kita akan update data terkait perkembangan virus Corona,” kata Hermanto mengakhiri. (BangDodi)

 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar