Tabligh Akbar Sekaligus Penandatangan MoU BKMT dan Basnaz Provinsi Riau

Penandatanganan MoU antara Baznas Provinsi Riau dan BKMT Provinsi Riau dengan terbentuknya secara resmi kerjasama antara kedua belah pihak, dalam hal ini tentang pembentukan Unit Penerima Zakat (UPZ) PW BKMT Provinsi Riau dibawah koordinasi BAZNAS Provi

PEKANBARU/86 - Pengurus Wilayah Badan Kontak Majelis Taklim (PW BKMT) Provinsi Riau, Sabtu 01/04/2023 menggelar Tabligh Akbar Ramadhan 1444 H bekerjasama dengan TP. PKK Provinsi Riau, BKOW, DWP, dan BKMR Provinsi Riau di Mesjid Raya Annur, Pekanbaru. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan sholat Dhuha dan Sholat Tasbih berjamaah dipimpin oleh Imam Besar Mesjid Raya Annur Al Ustad H. Amin Yono Syukur.

Lantunan ayat suci Al Qur'an dibawakan oleh Qori'ah terbaik Provinsi Riau Hj. Yossi Okta, S.Pdi, yang pernah menjadi pemenang I MTQ DMDI Antarbangsa (internasional) pada tahun 2018 dan sederet prestasi lainnya. Ustadzah Yosi Okta juga seorang Pengurus LPTQ Provinsi Riau Dlulul Qira'at Sab'ah masa jabatan Tahun 2020-2024.

Hj. Septina Primawati, MM, Ketua PW BKMT Provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap organisasi-organisasi gabungan yang telah menaja kegiatan tersebut bersama BKMT dan berharap silaturahmi seperti itu tetap terjaga dengan baik sehingga mendapatkan ridho dari Allah SWT.  Septina juga berpesan agar Ibu-ibu pengurus organisasi wanita itu tetap bersemangat dan selalu melakukan hal-hal positif dalam organisasinya masing-masing.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA dan Ketua Badan Amil Zakat (BAZNAS) Provinsi Riau, H. Masriadi Hasan, Lc, M.Sha. Kepada mereka Septina Primawati menyampaikan bahwa kegiatan ini
telah menjadi agenda rutin BKMT Provinsi Riau setiap bulan Ramadan selama tujuh belas tahun hingga saat ini, dimulai pada tahun 2006 ketika BKMT Provinsi Riau dipimpin (Alm) Hj. Roslaini.

Kakanwil Kemenag Riau, Dr. H. Mahyudin menyampaikan pesan tentang Moderasi Beragama yang menjadi agenda utama Kementrian Agama saat ini. Bagaimana agar masyarakat dapat beragama secara baik dan benar sehingga tidak terjerumus pada hal-hal yang bersifat ekstrim sehingga membahayakan kesatuan dan persatuan bangsa.

Sedangkan H. Masriadi Hasan selaku Ketua Baznas diminta untuk mengisi tausiah pada Tabligh Akbar tersebut yang mengangkat tema : Menunaikan Zakat, Infak, dan Sedekah untuk Kepedulian Sosial dan Pemberdayaan Umat.

“Penandatanganan MoU dan Pelantikan UPZ BKMT Riau”

Setelah pelaksanaan Tabligh Akbar BKMT Riau bersama gabungan organisasi-organisai perempuan lainnya di Mesjid Raya Annur Provinsi Riau, ditempat yang sama dilakukan penandatanganan MoU antara Baznas Provinsi Riau dan BKMT Provinsi Riau dengan terbentuknya secara resmi kerjasama antara kedua belah pihak,  dalam  hal ini tentang pembentukan Unit Penerima Zakat (UPZ) PW BKMT Provinsi Riau dibawah koordinasi BAZNAS Provinsi Riau. 
Sesaat setelah dilakukan penandatanganan Mou, Ketua Baznas Riau melakukan pengambilan sumpah bagi para petugas UPZ dari BKMT Provinsi Riau yang telah ditunjuk secara resmi.

Susunan Pengurus UPZ PW BKMT Provinsi Riau adalah sebagai berikut:

1. Dra. Hj. Septina Primawati, MM  (Pelindung dan Penasehat)
2. Dr. Hj. Daharmi Astuti, Lc, M.Ag (Ketua)
3. Dr. Hj. Nurhasanah, M.Ag (Sekretaris)
4. Dra. Juslaini Arifin (Bendahara)
5. Dra. Hj. Erma Erawati (Anggota)
6. Hj. Nurmala, S.Ag (Anggota)
7. Hj. Linda Hastuti, SH, MH (Anggota)
8. Priwahningrum (Anggota)
9. Nur Herlina, SH, MH (Anggota)
10. Dra. Hj. Syamsini Ilyas (Anggota)
11. Hj. Juliana (Anggota)

Pembentukan UPZ ini diharapkan menjadi solusi bagi banyak permasalahan yang dihadapi masyakarat terutama terkait hal-hal yang membutuhkan pembiayaan.

Dengan demikian, organisasi yang telah ada UPZ akan lebih mudah dalam bergerak dan mencari solusi untuk setiap kegiatan bagi masyarakat yang selama ini memang menunggu dan mengharapkan kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya saja pada bidang pendidikan, BKMT Riau memiliki beberapa sekolah binaan yang kondisinya saat ini sangat membutuhkan perbaikan di berbagai hal.
Untuk itu Septina juga menyampaikan akan menghimbau semua BKMT pada tingkatan daerah agar bekerjasama dengan Baznas membentuk UPZ seperti yang telah dilakukan PW BKMT Provinsi. (KakCencen/Humas/BKMT-Riau)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar