KPU Rohil Terima 7.472 Bilik Suara

Bawaslu Rohil Lakukan Pengawasan Melekat

Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah beserta jajaran melakukan pengawasan melekat terhadap KPU Rohil telah menerima logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

BAGANSIAPIAPI/86 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir telah menerima 7472 bilik suara yang merupakan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Oleh karena itu, Bawaslu Rohil melakukan pengawasan melekat, Jumat (13/10/2023).

“Ya, dalam pendistribusian logistik Pemilu Bawaslu telah membentuk tim fasilitasi pengawasan. Dari sana sebagai dasar pengawasan melekat,” kata Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah kepada Riau86.com via WhatApp, Sabtu (14/10/2023) malam.

Ia menjelaskan, bahwa pengawasan melekat ini bertujuan untuk memastikan transparansi. Dan memastikan tidak adanya kendala dalam pendistribusian logistik.

Adapun bilik suara didistribusikan perusahaan percetakan PT Industri Pembungkus Internasional di Medan Sumatera Utara ke Gudang Logistik KPU Rohil yang beralamat di jalan Mullrejo - Kepenghuluan Bagan Punak Meranti menggunakan 2 unit truk.

Mobil Pertama Kendaraan Fuso (No Pol. L 8335 UP) sebanyak 1970 Bilik Suara Pada pukul 9.15 - 12.00 Wib (197 pack x 10 pcs/pack). lanjut  Mobil Kedua Kendaraan Fuso (No Pol. BK9850 fv) sebanyak 5502 Bilik Suara Pada pukul 20.00-22.50 Wib (550 pack x 10 pcs/pack + 1 pack x 2 pcs/pack).

Anggota KPU Rohil Eka Murlan mengatakan, bahwa bilik suara yang di terima KPU Rohil berjumlah  7.472 bilik suara. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah kebutuhan penyelenggaraan Pemilu di 1.887 TPS yang tersebar di 184 Desa/Kelurahan di 18 Kecamatan.

Saat diterima, kendaraan pengangkut logistik terlebih dahulu dilakukan pengecekan oleh KPU dan Bawaslu serta aparat kepolisian. Saat diterima, kendaraan pengangkut logistik juga datang dalam kondisi tersegel dan kondisi baik.

Pimpinan Bawaslu Rohil koordinator divisi SDMO dan Diklat Dedi Sahputra Sibuea mengutarakan hal senada. Sangat penting Bawaslu melakukan pengawasan melekat.

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tidak adanya kendala dalam proses pendistribusian, baik dari sisi kuantitas, kualitas, dan keamanan logistik. Sehingga tidak menganggu proses penyelenggara Pemilu 2024.

"Memastikan kelancaran distribusi logistik menjadi salah satu atensi Bawaslu Rohil. Maka dari itu, setiap proses pendistribusian logistik kami akan melakukan pengawasan melekat mulai dari tahap pendistribusian ke gudang KPU hingga nantinya di salurkan ke TPS," katanya.

Selain itu, Bawaslu juga tetap menjalin kerjasama dengan semua pihak untuk memastikan logistik aman dan dalam keadaan baik. Sehingga tidak terjadi kendala saat akan digunakan nantinya. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar