Mobil Listrik Tim BLITS Explore Indonesia Sambangi ULP PLN Baganbatu, Rohil

Mobil listrik BLITS saat mampir ke kantor PLN Bagan Batu

BAGANBATU /86 - Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PT PLN (Persero) Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah pada Rabu (12/12) kedatangan tim PLN BLITS Explore Indonesia.

 

Tim yang membawa dua unit mobil Listrik BLITS dan Kasuari itu juga tampak dikendarai oleh kepala Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Dumai, Suharno tiba di Bagan Batu pada pukul 11.30 wib. 

 

Dalam sambutannya, Suharno mengaku mengendarai mobil listrik itu dari daerah Sedinginan, kecamatan Tanah Putih kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Yang mana sebelumnya ia berencana hanya menyetir sampai daerah Balam saja, karena sudah merasa nyaman.

 

Dirinya pun melanjutkan perjalanan hingga akhirnya sampai dipemberhentian tepatnya di kantor UPL Bagan Batu, jalan Sunan Gunung Jati, kelurahan Bagan Batu Kota, kecamatan Bagan Sinembah. 

 

" Menyetir mobil listrik ini tadi dari Sedinginan, pesan pak Frans (kepala ULP Bagan Batu), sampai Balam saja, tapi nyatanya saya sampai sini," kata Suharno. 

 

Diungkapkan Suharno, bahwa pihak PLN siap untuk menyuplai energi terhadap mobil listrik buatan anak Bangsa ini. Oleh sebab itu, pihaknya, kedepannya akan membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik (SPBL) di berbagai tempat.

 

" Untuk menyuplai arus listrik jika produksi mobil listrik tersebut, sudah produksi massal. Dan inilah perubahan, dan kami PLN siap untuk perubahan itu," ujarnya lagi. 

 

Tak lupa Suharno juga turut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mengapresiasi tim PLN Blits Explore Indonesia tersebut. " Terimakasih juga kepada Patwal, karena kalau tidak ada Patwal gak bisa kencang. Dan setelah mengarungi pulau Sumatera, nantinya Tim juga akan ke Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Selamat dan sukses untuk kita semua," tandasnya. 

 

Dilansir dari berbagai media online, Mobil BLITS tersebut dilengkapi dengan Li-on battery 85 KWH serta dapat menempuh perjalanan sepanjang 350 Km dengan kecepatan maksimum 140 Km/jam, pengecasan selama 8 jam dan mobil Kasuari yang dilengkapi Li-on battery 35 KWH dengan kecepatan maksimum 140 Km/jam dan mampu menempuh sekitar 150 Km.

 

Kepala rombongan tim PLN Blits Explore Indonesia, Agus Muhalim yang pada kesempatan mengucapkan terimakasih kepada pihak PLN, khususnya UP3 Dumai, UPL Bagan Batu. Tak lupa, ia mengucapkan maaf jika kedatangan tim membuat sedikit kebisingan karena iring-iringan mobil. 

 

Agus menceritakan, bahwa kedatangannya di Bagan Batu ini tidak sesuai jadwal dikarenakan adanya kecelakan mobil truk di jalan lintas dari Pekanbaru menuju Bagan Batu. Oleh karenanya, tim terpaksa harus melintasi jalan alternatif. 

 

"Tentunya jarak tempuh semakin jauh, kami melintasi jalan berbukit, dan Alhamdulillah setelah tiba di kota Kandis, tim Yantek PLN siaga dan kami mengecas dahulu. Sekali lagi, kami apresiasi petugas PLN," kata pria dengab logat Jawanya. 

 

Diuraikan Agus, bahwa mobil listrik dikembangkan di Indonesia lantaran lebih berpeluang dipasarkan ketimbang mobil berbahan bakar minyak. Sebab, mobil berbahan bakar minyak jika dikembangkan di dalam negeri, akan sulit untuk menyaingi mobil yang pada umumnya sudah lebih dahulu berkembang. Kedepannya, jika energi dari fosil sudah habis, satu-satunya energi yang terus bertahan adalah energi listrik. 

 

"Energi listrik ini bisa bersumber dari tenaga air, uap, angin. Artinya, energi listrik ini adalah energi masa depan," bebernya. 

 

Agus juga menambahkan, mobil listrik tersebut merupakan karya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Budi Luhur. Dia juga menjelaskan, bahwa pihaknya bekerjasama dengan PLN dikarenakan jaringan listrik sudah menasional. Ia juga menceritakan, awal masuk ke pulau Sumatera , disebuah daerah pesisir, jaringan listrik PLN juga sudah ada di daerah tersebut. 

 

" Oleh karena itu, yang namanya mobil listrik, ya memang urusannya ke PLN, jaringannya sudah menasional," tuturnya. 

 

Pantauan dilokasi, acara tersebut juga tampak dihadiri oleh Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP MSI yang diwakili oleh Sekcam Bagan Sinembah H Darsono, Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Vera Taurensa SS MH, kepala PLN UPL Bagan Batu Fransiscus Indra Erlangga dan para staf serta petugas PLN Bagan Batu. 

 

Pada kesempatan itu, selain singgah di kantor PLN Bagan Batu, kedua mobil listrik tersebut dilakukan pengecasan (Charging), akan melanjutkan perjalanannya ke Sumatera Utara hingga ke Sabang, Nagroe Aceh Darusalam, yang kemudian akan dilanjutkan ke berbagai pulau di Indonesia. (MasMin)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar