6 Warga Meninggal, Ribuan Ekor Anjing Ditembak Mati

Istimewa

DOMPU/86 -- Jumlah korban meninggal dunia akibat gigitan anjing di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Hingga Senin (11/2) kemarin total warga yang meninggal 6 orang. Adapun 619 orang lainnya digigit.

" Korban gigitan hingga kini sudah 619 orang, angka kematian jadi 6 orang. 5 orang di Kecamatan Kempo dan 1 orang Banggo Menggelewa, korban itu semuanya kasus gigitan lama," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Zaenal Arifin Selasa (11/2/2019).

Kasus gigitan sudah merebak hingga wilayah perkotaan, seperti di Matua seorang kusir benhur diserang anjing. Sementara dua Desa lainnya kejadiannya bersamaan dengan 5 orang sekaligus.

" Upaya untuk memutus rantai ini langkah jangka pendeknya satu-satunya kita eliminasi. Untuk jangka panjangnya tetap kita lakukan vaksinasi," ujarnya.

Atas hal itu, pemda dan warga mengambil langkah serius. Yaitu membunuh ribuan anjing liar, baik dengan ditembak atau diberi racun.

" Sampai saat ini jumlah anjing yang telah dieliminasi sebanyak 1.078 ekor yang tak bertuan yang kita duga mengandung rabies. Itu jumlah yang dicampur oleh laporan mandiri dari masyarakat. Jadi masyarakat juga mengeliminasi anjing liar," ujarnya. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar