Pemkab Rohil Peringati Malam Nuzulul Quran

“Maknai Nuzulul Quran Sebagai Ukhwah Islamiyah”

Bupati Rohil H Suyatno menyerahkan bantuan dana hibah kesejumlah rumah Ibadah dalam acara memperingati malam Nuzulul Quran di Mesjid Agung Al-Ikhlas Bagansipiapi, Selasa (21/5/19) malam

BAGANSIAPIAPI/86 - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengadakan peringatan Nuzulul Quran di Masjid Agung Al-Ikhlas, Selasa (21/5/19) malam. Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan, MSi jadikan momentum Nuzulul Quran sebagai bentuk meningkatkan ukhuwah Islamiah, ukhuwah insaniyah, dan ukhuwah wathoniyah. 

 

Oleh karena itu, melalui peringatan Nuzulul Qur'an, dirinya mengajak kepada kaum Muslim dan Muslimat untuk lebih memantapkan nilai ketaqwaan kepada Allah SWT, terlebih menjalankan ibadah puasa di 10 hari ke dua tersebut.

 

"Sebagai hamba-Nya kita juga harus perlu introspeksi diri (Muhassabah) secara spritual pada kehadirat Ilahi Rabbi. Sehingga ibadag yang kita jalani diterima Allah SWT,"kata Setda.

 

Masih kata Setda, peringatan Nuzulul Qu'ran adalah momentum penting untuk mengingat kembali peristiwa penting sejarah turunnya al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan keyakinan atas kebenaran ajaran-Nya dan Al Qur'an bukan saja sebagai bahan bacaan yang rutin dilakukan di bulan suci Ramadhan. 

 

Akan tetapi manivestasi dari membaca dan memahami Al Qur'an serta mengamalkannya semata-mata untuk menciptakan akhlak yang baik (berakhlakul karimah), menjaga persaudaraan muslim muslimah.

 

"Al Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan sebagai petunjuk dan pedoman ibadah bagi pembacanya. Maka, melalui momentum peringatan Nuzulul Quran kali ini, mari kita tingkatkan persaudaraan dan ukhuwah Islamiah. Semua ini untuk bersama-sama menciptakan masyarakat yang damai menuju masyarakat Qur'ani yang adil, makmur dan sejahtera," kata Setda seraya mengajak. 

 

Peringati malam Nuzulul Quran ini diawali penyerahan sertifikat Wisuda Akbar Hafiz Quran 12 hari 1 Juz dan dilanjutkan memberikan bantuan dana hibah kesejumlah rumah Ibadah di Rohil. Adapun Ustad yang isi Tauziah H Irfan Yusuf, SAg dari Kota Medan, Sumatera Utara. (BangDoi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar