Pemkab Rohil Berhasil Bangun Infrastruktur yang Layak untuk Masyarakat

Bupati Rohil H Suyatno memberikan kunci kendaraan bermotor kepada Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa SIK MSi dalam agenda Musrenbang RKPD Rohil 2021
Loading...

PROGRAM pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir selalu menyasar kepada kepentingan masyarakat. Baik itu dibidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, peningkatan sdm dan umkm.

Satu persatu program tersebut direalisasikan dengan bekerjasama antara lembaga eksekutif dan legislatif. Satu tujuan yang ingin dicapai yakni memenuhi seluruh kebutuhan mendasar yang menyentuh masyarakat.

Adapun program Pemkab Rohil yang telah dirancang yakni pembangunan Infrastruktur. Pembangunan infrastruktur yang begitu gesit terus dilakukan baik itu ditingkat desa, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten.

Pembangunan infrastruktur jalan di Rohil terus di programkan. Bahkan setiap tahunnya Pemkab mendapatkan porsi lebih dari Pemerintah Provinsi Riau. Tahun ini Pemkab Rohil mendapatkan porsi senilai Rp 68 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan lintas pesisir.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno memaparkan tahun ini jalan lintas pesisir menembus ke wilayah Sumatera Utara, di Labuhan Batu Selatan (Labusel) akan diselesaikan sehingga masyarakat Rokan Hilir khususnya warga Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas bisa lewat jalan lintas pesisir karena jarak tempuh yang lebih dekat.

“Jalan lintas pesisir menjadi skala prioritas Pemkab Rohil. Selain infrastruktur jalan, masalah air bersih juga perlu dipikirkan. Untuk itu di harapkan setiap tahunnya harus dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) Provinsi Riau,” kata Suyatno.

Selain itu Pembangunan Jalan Lintas Bagansiapiapi-Ujung Tanjung, kini sudah terlihat bagus. Kondisi Jalan Lintas Ujung Tanjung – Bagansiapiapi yang begitu memprihatinkan dahulunya sehingga menjadi catatan khusus bagi pemerintah daerah maka perjuangan panjang yang dilakukan Pemkab Rohil dalam melakukan pengajuan ke pusat, Dana sekitar 85 Milyar tersebut akan membangun jalan-jalan rusak yang ada di Ujung Tanjung dan Bagansiapiapi.

"Jalan itu merupakan ruas jalan nasional dan merupakan tanggung jawab pusat, tapi kalau jalan itu merupakan jalan provinsi maupun kabupaten tentu selama ini secara bertahap sudah kita perbaiki," jelas bupati..

Selama ini katanya lagi, banyak masyarakat yang berasumsi lain dan beranggapan pemerintah daerah tidak memperhatikan kondisi jalan yang begitu memperihatinkan, Selain pembangunan jalan ujung tanjung bagansiapiapi, rohil juga mendapat kucuran dana sebesar Rp 300 milyar dalam pembangunan dan perbaikan jalan laintas riau-sumut.

Untuk ketinggian jalan terangnya sama dengan jalan rigit yang telah ada. Dirinya meminta kepada petugas di lapangan untuk tidak sungkan, bila ada kendala di lapangan sampaikan ke pihak pemda Rohil sehingga dapat ditanggulangi.

Bupati Suyatno kembali menerangkan terkait pembangunan infrastruktur di rokan hilir dimana jalan Lintas Pesisir Sumatera, dari Sinaboi, Rohil, menuju Kota Dumai, sedang dalam pengerjaan. Pengerjaan jalan tersebut di laksanakan dari Sungai Sembilan, Kota Dumai, menuju perbatasan Rohil di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi.

"Pembangunan jalan lintas pesisir dimulai dari Kita Dumai. Biaya pembangunan jalan lintas pesisir dari Sungai Sembilan itu Rp9 milar, dan saat ini sedang dalam pengerjaan," sebutnya.

Tahun 2020 ditargetkan jalan dari Dumai-Sinaboi tembus, di Kelurahan Purnama Dumai. Jika Jalan Sinaboi-Dumai tembus, dari Bagansiapiapi bisa 1 jam ke Dumai. Kalau dari Dumai - Pekanbaru biasa 7 jam, lewat Dumai bisa 3 jam, sampai ke Kandis, terus ke Pekanbaru," harapnya.

Pemkab Rohil berharap dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat agar program pembangunan yang sedang iat dialksanakan oleh pemerintah bisa terealisasi dengan baik. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menjaga asset asset yang telah dibangun oleh pemerintah agar fungsi serta kegunaannya dapat dirasakan dalam waktu yang cukup lama.

Alhamdulillah, Gubri Gelontorkan Uang Rp. 359 M

Alhamdulillah, Gubernur Riau H Syamsuar mengelontorkan uang lebih kurang sebesar Rp. 369 milyar untuk pembangunan Kabupaten Rokan Hilir tahun 2020. Hal itu terkuak saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021.

“Pak Gubri sayang dengan Rohil. Karena Rohil adalah kampungnya,” kata Bupati disela sambutan, Senin (16/3/2020).

Ia menjelaskan, tentu Rohil menjadi prioritas utama Gubri. Hal seperti inilah yang sangat diharapkan selama ini.

“Tidak hanya berpangku tanggan dengan Pemprov Riau. Tentu kita juga akan jemput bola ke Pemerintah Pusat demi menungkatnya pembangunan di Rohil. (Dodi Devira/Adv/Diskominfotiks Rohil)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar