Akhirnya Nakhoda KM Tanpa Nama Ditemukan

Tim Basarnas mengevakuasi korban ketiga ABK kapal tenggelam

BAGANSIAPIAPI --- Setelah melalui proses panjang, akhirnya tim gabungan yang terdiri dari Polair, Basarnas dan nelayan kembali menemukan satu korban kapal pengangkut kerang yang tenggelam. 

Demikian diungkapkan oleh Kapolres Rokan Hilir, AKBP Sigit Adiwuryanto Sik MH kepada Riau86.com. " Ya sejauh ini sudah tiga korban kapal pengangkut kerang yang ditemukan," katanya. 

Dimana, lanjutnya lagi korban yang ditemukan terakhir diketahui bernama Ibrahim yang juga merupakan nakhoda.  " Yang ketiga itu adalah nakhoda kapal, yakni Ibrahim," terangnya kembali.

Dengan demikian, masih kata Kapolres lagi sejauh ini tim masih melakukan pencarian. " Tim masih terus berusaha mencari korban lainnya, " ungkap Sigit lagi. 

Kapolres juga menerangkan, bahwa upaya pencarian itu harus dilalui dengan berbagai kendala, selain medan yang cukup berat dalam mencari korban kapal pengangkut kerang yang tenggelam beberapa hari yang lalu, menjadi salah satu penyebab mereka membatasi jadwal pencarian hanya sampai pukul 18.00 Wib sore. 

Adapun kedua faktor penghambat tugas tim gabungan yang terdiri dari Basarnas dan Polair Polres Rohil adalah, sistem pasang surut air laut serta banyaknya tiang bubu yang tersebar disepanjang areal pencarian. 

" Apalagi permintaan dari pihak keluarga, walaupun korban sudah meninggal, mereka ingin jenazahnya bisa kembali," tuturnya.

Karena itu, Kapolres mengungkapkan, berdasarkan sistem pasang surut air laut di Bagansiapiapi yang menyebabkan jenazah korban terpisah jauh dari lokasi kejadian. Kalau lagi surut, airnya menuju keperairan Penipahan sedangkan jika pasang, air lautnya menuju ke Bagansiapiapi.

 ''Peristiwa ini yang menyebabkan jenazah yang sudah mengapung terombang ambing mengikuti arus pasang surutnya air laut," terangnya. 

Dengan melihat fanomena itu, katanya mereka berinisiatif melakukan pencarian dengan sistem berpencar dengan dibantu nelayan yang berdekatan dengan lokasi kejadian seperti nelayan Pulau Halang dan dibantu sejumlah nelayan dari Bagansiapiapi. Peran aktif nelayan, sangat membantu kepolisian karena tiga jenazah yang ditemukan hari ini, tidak terlepas dari temuan dari para nelayan.

Dia menyebutkan, hari ini, seluruh tim akan menuju ke Penipahan menggunakan kapal patroli guna mencari satu orang lagi awak kapal yang masih hilang. Dari hasil pencarian hingga hari ini, mereka sudah menemukan tiga jenazah nelayan yang bernama Budi, Dayat dan Ibrahim. (Armind)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar