Kisah Bocah yang Jadi Juru Parkir-Kuli Panggul Demi Keluarga

Istimewa

SUKABUMI/86 --- Seorang bocah berusia 12 tahun asal Sukabumi, Jawa Barat, Julian, menjadi tukang parkir demi menghidupi keluarganya. Bocah tersebut juga kerap menjadi kuli panggul di pasar demi mendapat uang tambahan.

Kisah Julian ini diketahui saat personel Polres Sukabumi menemukan bocah lelaki tersebut tidur di balik tumpukan galon air mineral di salah satu mini market. Informasi keberadaan Julian ini diketahui dari warga.

"Kami mendapat informasi dari warga katanya ada bocah laki-laki yang tertidur di emperan toko, setelah mendapat petunjuk dari bapak Kapolres (AKBP Susatyo Purnomo) kami coba melakukan pengecekan ke lokasi," kata Humas Polres Sukabumi Kota, AKP Ana Setiana Dewi, Sabtu (20/4/2019) malam.

Bocah itu ditemukan sedang tidur di teras mini market, Jalan Sudirman, Cikole, Kota Sukabumi, Sabtu (20/4) sekitar pukul 22.45 WIB. Polisi kemudian membawa bocah itu ke Polres Sukabumi sebagai antisipasi jika bocah itu merupakan korban penculikan atau eksploitasi anak.

Namun, setelah ditanyai, ternyata bocah tersebut mengaku sengaja bekerja untuk menafkahi keluarga. Ana menyebut bocah tersebut mengaku tinggal di Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi dan telah berhenti sekolah pada kelas 3 SD akibat kondisi ekonomi keluarga.

" Awalnya kami sekadar antisipasi, takutnya dia korban penculikan, eksploitasi anak atau korban kejahatan lainnya," ucap Ana.

Ana menyebut bocah itu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dia menyebut anak tersebut pulang ke rumahnya satu minggu sekali dengan membawa uang Rp 30 ribu atau Rp 100 ribu untuk diberikan ke ibunya.

" Dia pulang seminggu sekali ke kampung halamannya kadang bawa Rp 30 ribu kadang Rp 100 ribu untuk diberikan ke ibunya. Rencananya malam ini dia akan kita inapkan dulu di Polres Sukabumi Kota. Nanti akan kita hubungi keluarganya untuk menjemput, untuk solusi ke depannya kami akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait agar Julian tidak lagi bekerja karena dia masih usia sekolah," ujar Ana. (detik.com)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar