Pendidikan dan Orang Tua Menjadi Peran Penting dalam Mendidik Anak

Andre Hariyanto dengan para anak-anak

Oleh: Mas Andre Hariyanto

Dilihat dari era zaman modern ini sungguh ironis gaya hidup anak muda sekarang, utamannya nilai-nilai Islaminya belum tertanam sempurna. Semisal kita menenggok pendidikan ala Rasulullah Alaihi Wassalam dan para sahabatnya, cara pendidikan pendahulu kita mendidik generasinya sampai menjadi generasi yang diridhoi oleh Allah Subhanallah Ta’ala.

Maka peran pendidikan sekolah,guru dan orang tua perlu adanya sinergi dakwah, Mari sauadara kita tanamkan sejak usia dini, Sebagaimana di zaman para salafus sholih menjadikan dua peran penting, peran itu adalah masjid atau pesantren dan orang tua sebagai madrasah utama.

Insyaallah, bila ketika kedua peran tersebut dijalankan dengan mendidik putra putrinya sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah Alaihi Wassalam dan sahabat, maka generasi kita kedepan akan menjadi genarasi yang robbani, generasi yang mendapatkan Ridho Allah Subhanallah Ta’ala, bismillahirrahmanirrahim

Peran tersebut adalah peran sinergisitas antara masjid, pesantren dan orang tua, mengenalkan anak dengan kehidupan para nabi dan sahabat serta para salafus sholih, senantiasa menjaga adab islami hubungan anak dengan orang tua

Dan orang tua dengan sekolah, pesantren, menanamkan nilai nilai islam maupun sunnah didalam keluarga, tidak sekedar mengandalkan di sekolah. Tatkala masing peran diatas dijalankan.

Insyallah, keluarga kita akan mengikuti jejaknya sebagaimana keluarga para sahabat radhiyallahu anhu bila kita sudah mengupayakan untuk mendidiknya.

Mendidik karakter anak zaman era modern ini diperlukan penanaman sebuah nilai islam, jadi mari saudara kita benar – benar menjalan konsep ini apalagi di era modern ini semakin canggih dan jangan lalai kita.

*/Mas Andre Hariyanto adalah Pemuda yang pernah menjadi santri dari SMP hingga Mahasiswa di Yayasan Pondok Pesantren

#masandrehariyanto #arcogan #arlearningcenter #taklimjurnalistik #pondokpesantren #pendidikanislam #anak #sekolah


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar