Gempa M 7,3 di Kepulauan Mentawai, Terasa Kuat di Kota Padang

Kepanikan warga Mentawai akibat gempa

PADANG/86 - Badan nasional Penganggulangan Bencana atau BNPB menyatakan gempa M 7,3 di Kepulauan Mentawai terasa hingga Kota Padang. Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari mengungkapkan pengamatan langsung pasca-gempa dari dari Hotel Mercure, Kota Padang.

"Gempa terasa kuat dengan guncangan lebih kurang 30 detik," tutur Abdul dalam keterangannya pada Selasa, 25 April 2023.

Ia berujar skala gempa dirasakan dari lantai 5 Hotel Mercure Kota Padang di IV-V MMI. Abdul melihat dinding berderik, lampu bergoyang, dan barang diatas meja berjatuhan.

Terpantau masyarakat keluar rumah. Menurutnya, masyarakat sempat panik namun kondisinya masih terkendali. Saat ini sebagian masyarakat sedang dievakuasi untuk menjauhi kawasan laut.

Hingga pukul 03.56 WIB, Abdul berujar tidak terlihat ada kondisi tidak normal dari air laut. Adapun posisi Abdul berjarak 200 meter dari bibir pantai, salah satu tempat evakuasi tsunami.

"Pantauan terbatas secara visual tidak terlihat ada kerusakan struktural," ucapnya. Untuk laporan lebih rinci, Abdul mengatakan masih harus menunggu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada 25 April 2023 pukul 03.00 WIB. Megnitudo gempa sebesar 7,3 dengan kedalaman 84 kilometer. Lokasi berada di 0.93 LS - 98.39 BT.

Pusat gempa berada di Laut 177 kilometer Barat Laut Kepulauan Mentawai. Dirasakan (Skala MMI): VI Siberut, VI Mentawai, V Pasaman Barat, V Padang Pariaman, V Agam, V Padang, III Gunung Sitoli, III Padang Panjang, III Pesisir Selatan, III Limapuluhkota, III Solok Selatan, III Solok, III Bukittinggi, II Labuhan Batu, II Padang Sidempuan. (BangDodis/Tempo.co)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar