Semarak Lomba Pildacil dan Tahfidz Al Qur’an BKMT Riau Bertabur Hadiah

Kayyisah Nazifah Putri Juara 1 Lomba Pildacil Putri saat diberi kesempatan tampil menyampaikan kesan dan pesannya di Ruang Sidang DPRD Provinsi Riau saat para peserta diajak anjangsana ke gedung rakyat tersebut oleh panitia acara.

PEKANBARU/86 - Pengurus Wilayah Badan Kontak Majelis Taklim (PW BKMT) Provinsi Riau pada tanggal 22 -24 Shafar 1445 H atau bertepatan dengan 8 - 10 September 2023 menyelenggarakan Lomba Pildacil (Pemilihan Da'i/Da'iyah Cilik) dan Lomba Tahfidz Alqur'an antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dengan tema " Wujudkan Da'i/Da'iyah dan Hafidz/Hafidzah Cilik yang Berprestasi dan Berbudi Pekerti Sebagai Generasi Muda Harapan Bangsa di Era Millenial".

Kegiatan ini merupakan agenda rutin PW BKMT Provinsi Riau yang sudah dilaksanakan sebanyak 11 kali dimulai pada masa kepemimpinan Alm. Hj. Roslaini binti Jadin. Hal ini disampaikan Ketua Umum PW BKMT Provinsi Riau Hj. Septina Primawati, MM saat acara pembukaan Lomba Pemilihan Da'i/Da'iyah Cilik (Pildacil) dan Tahfidz Al-Qur'an Antar Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau tahun 2023 di Hotel Evo Pekanbaru.

Disampaikan Septina bahwa kegiatan serupa ini masih bisa terlaksana oleh PW BKMT Provinsi Riau dengan bantuan berbagai sponsor baik dari pihak luar maupun dari anggota PW BKMT sendiri mengingat minimnya anggaran yang ada di BKMT saat ini. Karena hal itu BKMT Riau harus lebih kreatif mencarikan solusi agar semua kegiatan yang selama ini telah menjadi agenda rutin tersebut tetap dapat terlaksana.

Septina Primawati atas nama BKMT Provinsi Riau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensponsori kegiatan tersebut diantaranya Pemerintah Provinsi Riau, Bank Riau Kepri Syariah, DPRD Provinsi Riau, PT. Thoyyibatul Riski, Ibu Dr. Karmila, PTA Kepri, dan TVRI Riau. Tidak lupa beliau juga mengucapkan banyak terimakasih kepada para panitia yang telah bertungkus lumus demi terlaksananya acara dengan baik.

Kegiatan Lomba Pildacil dan Tahfidz Al-Qur'an ini merupakan agenda kerja Bidang Dakwah PW BKMT Provinsi Riau dibawah koordinasi Dr. Hj. Daharmi Astuti, Lc. S.Ag bekerjasama dengan Bidang Kerjasama dan Humas. Sedangkan penanggungjawab kegiatan adalah Hj. Basyitah, Wakil Ketua 7 PW BKMT Provinsi Riau yang membawahi Bidang Kerjasama dan Humas. Ketua Panitia acara dipercayakan pada Hj. Sri Efarianti, SH, MH.

Hal menarik di PW  BKMT Provinsi Riau, banyaknya para pengurus dengan usia lanjut hampir tujuh puluh tahun bahkan lebih yang masih tetap aktif berkegiatan. Tetapi uniknya semua terlihat energik dan bersemangat.

Seperti Bendahara BKMT Riau Ibu Darmawati dan  Sekretaris Ibu Dra. Erma Erawati, duo senior PW BKMT Provinsi Riau yang memang harus terlibat dalam setiap kegiatan karena memegang urusan penting di organisasi itu.

Kegiatan Lomba Pildacil dan Lomba Tahfidz Al-Qur'an diikuti anak-anak utusan PD BKMT dari 12 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau ditambah peserta dari MIN 3 Pekanbaru dan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Pekanbaru. Dewan Juri Lomba Pildacil adalah Dr. H. Ridwan Hasbi, Lc, MA, Dr. Hj. Daharmi Astuti, Lc, M. Ag, dan Ustadzah Hafifah Rasyid, S. Ag. Sedangkan Dewan Juri Lomba Tahfidz Al-Qur'an adalah Ustad Harif Supriady dan Ustad Amin Yono.

Acara berlangsung semarak penuh kegembiraan. Selain bertabur hadiah yang telah dipersiapkan berupa piala dan sepeda bagi para juara, juga diberikan tas sekolah untuk keseluruhan peserta.  Anak-anak juga diajak berwisata dan anjangsana ke beberapa tempat di kota Pekanbaru. Pada hari Sabtu sore keseluruhan peserta dan termasuk official diajak mengunjungi Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau di Jl. Jend. Sudirman, Tangkerang Tengah, Pekanbaru. Pada hari Ahad, anak-anak diajak anjangsana ke Mesjid Raya Annur kemudian ke Kantor DPRD Provinsi Riau.

Di Kantor DPRD Riau rombongan diperkenankan memakai dan mengunjungi ruang-ruang sidang di gedung rakyat tersebut sekaligus dijamu kue dan nasi kotak. Selanjutnya di hari yang sama para peserta lomba diajak berkunjung ke Perpustakaan Soeman H.S yang merupakan perpustakaan termegah di Provinsi Riau.

Perpustakaan ini, anak-anak telah dinanti dan disuguhi dongeng yang menarik. Kegiatan wisata dan anjangsana diakhiri dengan kegiatan berenang bersama di Kolam Renang yang ada di kota Pekanbaru. Anak-anak terlihat sangat antusias dan gembira.

Juara 1 Lomba Pildacil putra diraih oleh Hanif Nur Daffa Abdullah dari Kota Pekanbaru. Juara 1 Lomba Pildacil Cilik putri dimenangkan oleh Kayyisah Nazifah Putri utusan MIN 3 Pekanbaru. Sebagai Juara 1 Tahfidz Al-Qur'an diraih oleh Ilham Fauzi Ramadhan dari Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Pekanbaru. 
(HumasBKMTRiau/UniCencen )


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar