Kejati Riau Hadiri Rakor Forkopimda Provinsi Riau terkait Nataru 2024

Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Riau terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Balai Serindit Aula Gubernuran, Kamis (21/12/2023).

PEKANBARU/86 - Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Riau terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Balai Serindit Aula Gubernuran, Kamis (21/12/2023).

Sejumlah prediksi dari masalah yang mungkin akan terjadi menjelang Nataru dibahas dalam rapat. Seperti adanya peningkatan permintaan kebutuhan pokok masyarakat dan kecenderungan peningkatan harga di setiap Nataru.

Kemudian, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi serta potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat hingga faktor cuaca ekstrim. Serta memastikan ketersediaan stok BBM, LPG, dan listrik.

Dalam penyampaiannya Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P menyampaikan Komoditi kondisi inflasi pada November Tahun 2023 ini yaitu pendidikan 0% Perumahan air listrik bahan bakar rumah tangga 0,01%, makanan minuman dan tembakau 2,07%, kesehatan 0,01% sedangkan komoditi penahan inflasi pada November 2023 ini yaitu rekreasi olahraga dan budaya minus 0,04% dan perlengkapan rumah tangga 0 minus 0,66%. Sesuatu yang mengkhawatirkan bagi kita di sini yaitu menjelang Natal dan Tahun Baru 2024. Koperasi usaha kecil menengah Provinsi Riau melakukan pemantauan terhadap pergerakan harga dan pasokan pangan untuk mengantisipasi kenaikan harga yang melebihi kondisi normal, Bulog untuk mengetahui stok pangan di tingkat provinsi Riau kemudian juga melakukan operasi pasar di berbagai tempat semua tentu dalam rangka untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi timbulnya gejala-gejala yang menyebabkan inflasi terjadi seperti beberapa waktu yang lalu hanya disebabkan masalah Cabe yg inflasi sampai 7%.

Selanjutnya Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P menyampaikan Antisipasi terhadap gangguan cuaca curah hujan yang tinggi pada akhir tahun ini dapat mengganggu kelancaran arus distribusi barang dan kebutuhan pokok. Provinsi Riau akan terus melakukan kerjasama untuk ketersediaan pangan dengan provinsi penghasil pangan yang ada di pulau Jawa karena kita tahu bahwa sebagian besar kita ini sangat tergantung dengan provinsi2 sekitar Riau hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai nanti terjadi kelangkaan. Monitoring dan pengawasan terhadap distributor barang kebutuhan pokok dan penjualan barang distribusi agar semuanya bisa tepat sasaran.

Diakhir Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P menyampaikan Situasi dan kondisi potensi bencana alam juga dihampir seluruh wilayah Riau baik pagi sore siang maupun malam sangat mungkin bisa terjadi longsor akibat hujan yang terus-menerus kemudian juga potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat ini juga yang sering disertai dengan petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Riau terutama di bagian Utara dan Barat dan biasanya terjadi pada siang dan sore maupun malam hari sedangkan utk longsor dan angin puting beliung di wilayah Riau umumnya berada dalam kategori menengah artinya
dalam skala yang besar itu mungkin tidak terjadi.

Selanjutnya Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menyampaikan beberapa hal penting yang dibahas terkait Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Riau terkait Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 yaitu pentingnya untuk melakukan fungsi pengawasan, terkait dengan pendistribusian BBM, gas dan beras, jangan sampai terjadi kontrol yang kurang, sehingga terjadi gangguan dalam distribusinya. Apalagi dalam masa menghadapi kampanye Pileg dan Pilpres, jangan sampai hal ini menjadi salah satu kerawanan di masyarakat dalam hal kamtibmas, ini yang kita antisipasi bersama, maka pengawasannya yang kita jadikan atensi bersama.

Diakhir penyampaiannya Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menyampaikan dengan adanya berbagai persiapan ini, kita tinggal memperkuat koordinasi dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan dilapangan hanya akan berjalan baik manakala komunikasi dan koordinasi kita lakukan dengan baik.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P, Kapolda Riau diwakili oleh Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH, Danrem 031 WB diwakili Kasrem, Kolonel Inf Ahmad Daeng Leo, Danlanud RSN Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han, Ka PTA Dr. H. Harun S, S.H., M.H, Danlanal diwakili Palaksa Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H, Kabinda Riau Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso, M.M, Ka PT diwakili Hakim Tinggi Ahock Tantowi Jauhari, S.H., M.H, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si dan Tamu undangan lainnya. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar