*Kapal Pengangkut Kerang Hilang

Kasat Polair : Tim Gabungan Terus Lakukan Pencarian

Petugas Satpolair Rokan Hilir saat melakukan pencarian

BAGANSIAPIAPI --- Satu unit Kapal Motor (KM)  tanpa nama yang bermuatan kerang dinyatakan hilang disekitaran perairan Pulau Halang Belakang kecamatan Kubu Babusalam.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum Riau86.com,  Jumat (26/10), bahwa insiden hilangnya KM tanpa nama tersebut terjadi pada Rabu (24/10) sekira pukul 21.30 wib. Hal ini seperti yang disampaikan oleh pemilik KM tanpa nama,  Suryadi (33) warga jalan Rintis kepenghuluan Bagan Punak Pesisir kecamatan Bangko kepada pihak Satuan Polair Rohil. 

Dalam laporannya itu dirinya menyebutkan,  bahwa sekitar pukul 19.00 wib kapal miliknya, yakni KM Tanpa Nama berangkat dari Bagansiapiapi menuju Panipahan. Dan bertindak sebagai nakhoda adalah Ibrahim. Dimana, KM tanpa nama tersebut selain mengangkut sebanyak 80 karung kerang juga membawa tiga Anak Buah Kapal (ABK),  yakni masing-masing Budi (36), Mama (27) keduanya warga jalan Pasir kepenghukuan Bagan Punak Pesisir, serta Dayat (25) warga jalan Simpang Tiga kecamatan Bangko. 

Namun,  sekira pukul 21.30 wib salah seorang ABK,  yakni Mama menghubungi dirinya dan menyampaikan, bahwa didalam perjalanan antara Pulau Halang-Sungai Daun kapal mengalami kebocoran. 

Bahkan, sekitar pukul 22.00 wib Suryadi sudah hilang kontak dengan para ABK KM tanpa nama tersebut. Dan karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kemudian Suryadi melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Satuan Polair Rokan Hilir. 

Beberapa saat setelah menerima laporan tersebut,  kemudian petugas dari Satpolair Rohil langsung bergerak dengan menggunakan kapal Patroli 11.04 untuk melakukan pencarian disekitaran perairan Pulau Halang dan Sei Daun, namun tetap tidak membuahkan hasil. 

Akibat cuaca yang tidak bersahabat,  maka sekitar pukul 24.00 wib upaya pencarian yang dilakukan oleh tim Satpolair terpaksa dihentikan. Dan pada keesokan harinya yakni Kamis (25/10) mulai pukul 08.00 wib upaya pencarian terhadap KM tanpa nama tersebut kembali dilanjutkan.

Dan bahkan, dalam pencarian hari kedua tersebut Satpolair menurunkan dua unit kapal patroli, yakni masing-masing  IV-1104 dan IV-1105. Lagi-lagi, upaya tetap tak membuahkan hasil. 

Kapolres Rokan Hilir,  AKBP Sigit Adiwuryanto Sik MH yang dikonfirmasikan Riau86.com melalui Kasat Polair,  Iptu Sapto Hartoyo kemarin mengatakan tetap melakukan pencarian " Memang sampai memasuki hari ketiga ini kita belum menemukan keberadaan KM tanpa nama maupun ABK -nya.  Namun kita tetap melakukan pencarian, " tegasnya. 

Dalam pada itu dirinya juga mengharapkan agar upaya pencarian tersebut dapat segera membuahkan hasil.  " Tentu kita mengharapkan agar KM tanpa nama dan keempat ABK segera ketemu. Pencarian kali ini juga turut dilakukan oleh masyarakat nelayan," kata Sapto Hartoyo kembali. (Armind) 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar