*Jembatan Penghubung Digerus Air

Jalan Penghubung Bagan Sinembah-Simpang Kanan Putus

Jembatan penghubung Bagan Nibung-Simpang Kanan yang juga penghubung Kecamatan Bagan Sinembah-kecamatan Simpang Kanan terputus akibat tingginya curah hujan

SIMPANGKANAN/86 - Akses warga masyarakat diperbatasan terhambat. Pasalnya, jembatan yang juga merupakan batas antara kepenghuluan Bagan Nibung - kelurahan Simpang Kanan Kota, Kabupaten Rokan Hilir mengalami kerusakan parah. 

Sehingga menyebabkan jalur jalan penghubung dua kecamatan,  yakni antara kecamatan Bagan Sinembah -Simpang Kanan juga terputus dan tak bisa dilalui. 

Hal ini disebabkan tinggginya curah hujan yang mengakibatkan debit air sungai meluap . Ditambah usia jembatan yang sudah tua menyebabkan jembatan jalan penghubung tersebut terputus. 

Salah seorang warga Simpang Kanan, Joko Irwanto (34) kepada Riau86.com, Ahad (9/12/2018) mengatakan bahwa curah hujan di wilayah kecamatan Simpang Kanan beberapa hari ini cukup tinggi. Bahkan, pada Sabtu (8/12) malam kemarin, curah hujan terbilang deras hingga pagi hari. 

Ambruknya jembatan yang merupakan perbatasan Kepenghuluan Bagan Nibung dengan Kelurahan Simpang Kanan menurut Joko hanya bisa dilintasi kendaraan bermotor roda dua.

"Kondisi terkini hanya bisa dilalui roda dua tapi itu hanya sementara. Karena abrasi tanahnya sudah terlalu, jadi sangat dikawatirkan untuk dilintasi dan riskan juga dilalui roda 2. Tingkat kerusakannya sudah 75-85 persen, " ungkapnya. 

Jembatan tersebut juga merupakan akses utama Kepenghuluan Bagan Nibung dengan kelurahan Simpang Kanan. Alternatif lainnya, terpaksa harus melintasi desa Pinang Damai, kecamatan Labusel. 

" Dari Bagan Sinembah atau sebaliknya sebaiknya, sebaiknya lewat jalan Lintas Riau-Sumut, Pinang Awan kecamatan Torgamba, kabupaten Labuhan Batu Selatan," sarannnya. 

Untuk itu, warga berharap pemerintah segera menangani kerusakan jembatan tersebut. Sebab, jika dibiarkan, warga Bagan Nibung yang bekerja atau anak sekolah, terancam harus mencari jalan alternatif yang sangat jauh. 

"Ya harapan kami, pemerintah kabupaten Rokan Hilir dalam hal ini pemerintah kecamatan Simpang Kanan, segera memperbaiki jembatan ini. Setidaknya menggandeng swasta untuk memperbaiki arau membuat jembatan darurat untuk bisa dilalui kendaraan roda dua," kata Joko seraya berharap ada perbaikan secepat mingkin. (MasMin)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar