Sedang Beraksi, Pelaku Curat Disergap Warga

Pelaku dan barang bukti

BAGANBATU/86 --- Seorang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), yakni FS alias Begek (27) warga jalan lintas Riau-Sumut KM 26 kelurahan Balam Sempurna Kota, kecamatan Balai Jaya berhasil diamankan warga saat berada didalam rumah korbannya.

Sementara itu satu pelaku lainnya yang identitasnya sudah diketahui pihak kepolisian berhasil melarikan diri dari sergapan warga.

Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol H Asmar yang didampingi Kanit Reskrim, Iptu Nur Rahim Sik kepada Riau86.com menyebutkan, bahwa aksi kedua pelaku ini diketahui warga pada Selasa (23/4/2019) sekitar pukul 02.00 wib dinihari.

Terungkapnya kasus Curat ini bermula pada hari Rabu (24/4/2019) sekira pukul 11.00 wib telah datang seorang laki-laki melaporkan telah terjadi tindak pidana diduga pencurian dengan pemberatan yang terjadi pada hari Selasa tanggal 23 April 2019 sekira pukul 02.00 wib.

Kejadian ini berawal pada saat warga mencurigai tersangka bersama salah satu rekannya dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat tanpa nopol warna putih mondar-mandir disekitar rumah korban, Safari (32) warga jalan lintas Riau-Sumut KM 24 kelurahan Balam Sempurna Kota, kecamatan Balai Jaya.

Karena curiga, kemudian warga bersembunyi sambil mengintai gerak-gerik kedua pelaku. Setelah memastikan aman, karena situasi sunyi, kemudian kedua pelaku yang menggunakan sepeda motor langsung berhenti di depan rumah korban.

" Lalu salah seorang pelaku, yakni FS alias Begek masuk kedalam rumah korban melalui dinding rumah yang terbuat dari anyaman gedek yang sebelumnya telah dirusak. Sementara itu satu pelaku lainnya menunggu diluar diatas sepeda motor," kata Kompol Asmar.

Melihat hal itu, kemudian warga langsung melakukan penyergapan terhadap pelaku. " Dimana saat itu para saksi (warga,Red) sempat memegang pelaku berinisial B (DPO). Akan tetapi saat itu, pelaku itu berhasil melarikan diri dengan cara melepaskan jaket yang dipakainya," kata Asmar lagi.

Dan karena pelaku yang satunya lagi masih berada di dalam rumah, lanjut Kapolsek lagi, maka para saksi-saksi yang dibantu oleh masyarakat lainnya yang sudah berkumpul ramai di sekitar rumah korban itu mencoba mengepung pelaku.

Dan bahkan, saat itu pelapor, yakni Irwan Sagala (42) warga jalan lintas Riau-Sumut KM 24 kelurahan Balam Sempurna Kota, kecamatan Balai Jaya juga sudah berada dilokasi kejadian.

" Kemudian pelapor bersama warga mengupayakan memanggil pelaku untuk menyerahkan diri. Namun teriakan warga itu tidak dihiraukan oleh pelaku," kata Asmar.

Oleh karena itu, sebagian warga langsung masuk kedalam rumah tersebut korban. Dan ternyata saat itu warga menjumpai pelaku bersembunyi didalam kamar korban tepatnya diruangan kamar mandi.

" Dan saat itu juga pelaku langsung diamankan oleh warga sekitar. Namun karena merasa jengkel maka warga juga sempat memukul pelaku hingga babak belur," ujar Kompol Asmar.

Selanjutnya terhadap pelaku dan satu unit sepeda motor diamankan ke Mapolsek Bagan Sinembah guna proses lebih lanjut lagi. (Mas min)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar