75 Ribu Orang akan Saksikan Prosesi Bakar Tongkang di Rohil

Lebih kurang 65 ribu orang saksikan prosesi Bakar Tongkang tahun 2018 silam
Loading...

BAGANSIAPIAPI/86 - Ivent budaya Bakar Tongkang tahun 2019 ini cukup menyita perhatian kalayak ramai. Pasalnya, sebanyak 75 ribu orang akan menyaksikan prosesi Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, 17-19 Juni 2019.

 

“Tahun ini jauh lebih meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya. Diperkirakan akan mencapai 75 ribu orang,” kata Bupati Rokan Hilir, H Suyatno kepada Riau86.Com, Selasa (18/6/19).

 

Ia mengatakan, bahwa tidak hanya hotel dan penginapan sudah full. Termasuk rumah-rumah penduduk menjadi tempat penginapan para wisatawan. 

 

Ini adalah gelaran budaya yang sudah bertahun-tahun menjadi tradisi di Rohil. Konon tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1883, abad ke-19. Dan sampai sekarang diyakini oleh masyarakat Tionghoa dari berbagai negara.

 

Dalam event tersebut, Tongkang yang memiliki tiang layar tinggi akan dibakar sampai tumbang. “Nah, tumbangnya mengarah ke mana? Itu diyakini oleh komunitas itu sebagai arah rezeki itu datang. Misalnya mengarah ke laut, maka tahun ini rezeki datang dari laut. Kalau menuju ke darat, maka rezeki akan datang dari daratan,” ucap Bupati.

 

Wisatawan yang biasa terbang ke Riau untuk mengikuti prosesi ini berasal dari Kanada, Amerika, China, Singapura, dan Malaysia. Tahun lalu ada 65 ribu wisatawan.

 

Wisatawan, selain memenuhi hotel, juga menginap ke homestay masyarakat. 

Mulai empat atau lima hari lalu hingga saat ini Bagansiapiapi sudah mulai ramai dan padat.

 

"Bakar Tongkang juga mampu mendatangkan puluhan ribu orang wisatawan, baik domestik maupun wisatawan internasional. Yang datang biasanya mereka punya keturunan di Rohil. Itu banyak sekali," kata Bupati mengakhiri. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar