2019, Pemdes Penebal Bangun Desa Tetap Andalkan DD Tingkat Pusat dan Provinsi

Muhammad Saimin

BENGKALIS/86--- Sejumlah kegiatan pelaksanaan di tingkat desa satu persatu telah teragendakan dilaksanakan sejak Mei 2019 lalu. Terutama di Pemerintah Desa (Pemdes) Penebal, Kecamatan Bengkalis.

Dan untuk tahun 2019 ini, rencana kegiatan akan dilaksanakan pada pemenuhan infrastruktur khususnya di wilayah Desa Penebal.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Penebal, Muhammad Saimin, Rabu (3/7/2019). Menurutnya, untuk pembangunan lanjutan khususnya pembangunan infrastruktur pihak pemerintah desa tetap mengandalkan penguatan Dana Desa (DD) dan juga Alokasi Dana Desa (ADD).

" Pemdes Penebal mendapatkan lanjutan kegiatan infrastruktur mulai dari lanjutan semenisasi jalan, lanjutan parit beton yang tahun lalu belum tuntas maka dituntaskan tahun 2019. Kemudian, semenisasi halaman gedung pusat kegiatan masyarakat, lanjutan pembangunan pustaka desa, pembangunan tiga titik dwiker, pembangunan gedung pusat kesenian dan kebudayaan dari LAM," kata Muhammad Saimin.

Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat desa, sambungnya lagi,  pada tahun 2019 ini pemerintah desa mendapatkan alokasi anggaran untuk bantuan bibit pertanian dan perkebunan masyarakat.

" Seperti bantuan bibit kelapa dan pinang yang nantinya dibagikan ke masyarakat. Selain itu juga agenda kelembagaan masyarakat, seperti 2 unit PAUD, kemudian MDA dan Posyandu," kata Saimin lagi.

Saat ditanya total anggaran yang berhasil didapatkan oleh Pemdes Penebal, lebih jauh lagi Kades Penebal ini mengutarakan, alokasi anggaran yang didapatkan baik dari tingkat Pusat, Provinsi Riau maupun kabupaten Bengkalis mencapai lebih kurang Rp 3 miliar.

“ Kalau angkanya kurang pas berapa, karena sumbernya ada dari Pusat dan Kabupaten, dari perimbangan pajak serta alokasi dari Provinsi Riau. Sekitar kurang lebih Rp 3 miliar, semua jika ditotalkan. Termasuk P3ID,”katanya.

Mantan Sekdes Penebal itu berharap, kepada pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat turut memperhatikan kondisi desa Penebal yang hari ini merupakan desa berkembang. Sehingga alokasi anggaran sangat diperlukan dan harapan juga lebih ditingkatkan kedepannya.

“ Harapan kami bisa ditingkatkan lagi, sehingga kita bisa mengeposkan kegiatan itu lebih, sehingga program satu tahun jalan bisa tuntas. Sebab selama ini yang terjadi, ada satu badan jalan sampai tiga tahun, bahkan empat tahun, dengan terbatasnya anggaran, apalagi saat ini desa Penebal memiliki wilayah yang luas,”tandasnya. (BangAndi)

 


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar