Camat Bagan Sinembah Tinjau Tahapan Screening Mata di Puskesmas

Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi melihat langsung kegiatan screaning para penderita katarak

BAGANBATU/86 - Menjelang operasi katarak mata gratis yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Bagan Sinembah ke 24. Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTp, MSi meninjau langsung pelaksanaan screening di Puskesmas Bagan Batu, Sabtu (5/1/2019).

 

Ia menyampaikan bahwa pelaksanaan operasi katarak gratis ini nantinya diadakan pada 22 Januari 2019 mendatang. Operasinya juga nanti dilakukan di Puskesmas Bagan Batu. 

 

Adapun tahapan pemeriksaan atau screening mata ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keluhan dari pasien tersebut.

 

"Tadi saya tanya ke tim dokternya, Screening ini penting. Sebab tidak semua keluhan pada mata bisa dioperasi. Jadi dilihat dulu, udah bisa dioperasi apa belum, terus apakah ada penyakit lain yang mengganggu jalannya operasi, seperti diabetes,” katanya.

 

Untuk itulah dilakukan pemeriksaan. Sehingga sebelum pelaksanaan operasi, pasien dapat melakukan penyembuhan terlebih dahulu.

 

Bahwa hari ini sudah hampir 100 pasien yang mendaftar. " Kita juga masih menunggu hingga sore nanti. Hal ini tidak ada batasan, berapa banyak pun kita terima, dan bukan hanya Bagan Sinembah, dari seluruh kecamatan se-Rohil ini juga kita terima, " terang Sakinah.

 

Operasi ini tidak dipungut biaya apapun. Ini gratis, tidak ada biaya apapun, baik Screening maupun operasinya nanti, cukup bawa fotocopy KTP saja. Camat juga meminta kepada warga masyarakat Bagan Sinembah untuk mendukung operasi ini. 

 

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai ucapan syukur pada usia Bagan Sinembah saat ini," kata Sakinah mengakhiri. (MasMin)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar