Tergerus Air Sungai, Jembatan Penghubung 2 Desa Ambruk

Jembatan tak dapat dilalui

BALI /86 -- Setelah tergerus air sungai yang cukup deras, jembatan yang menghubungkan Subagan menuju Asak akhirnya jebol pada Sabtu (9/2).

Kondisi itu mengakibatkan aktivitas warga menjadi terganggu. Warga yang rumahnya berada di dekat jembatan harus memutar jauh ketika hendak ke Kota Amlapura.

Salah seorang warga I Nyoman Mudarsa, mengatakan, kalau jembatan putus sekira pukul 07.00 Wita. Kata dia, sebelum jembatan putus, di bawah jembatan sudah tergerus air sungai. 

Jembatan putus dikarenakan penahan di bawah jembatan sudah tidak kuat menahan beban. Akhirnya jembatan ambruk.

“Saya pagi-pagi sempat melihat jembatan tapi belum putus. Karena saat itu saya ke ladang untuk mencari pakan ternak. Tapi sesaat saya balik jembatan sudah putus,” jelasnya, Sabtu (9/2/2019).

Bahkan sebelum jembatan putus, masih ada sejumlah pejalan kaki dan sepeda motor melintasi jembatan ini. Untung saja ketika melintas, jembatan tidak ambruk. “Kalau pas itu putus, pasti ada korban,” ujarnya.

Mudarsa menjelaskan, jika sebelum diperbaiki sekitar 2015, jembatan ini memang sudah ada sejak lama. “Biasanya kalau jembatan ada besinya biar kuat. Tapi ini tidak ada besinya,” katanya.

Dia menjelaskan, akibat bencana ini, aktivitas warga di dekat jembatan menjadi terganggu. Pasalnya, warga yang ingin ke Kota Amlapura dan tempat yang lainnya, harus memutar melalui jalur alternatif yang lumayan jauh.

" Warga harus melintasi jalur alternatif. Di sini memang ada jalan alternatif tembus di kuburan, tapi jalannya kecil cukup sepeda motor saja. Kalau mobil harus melewati jalur Bungaya dan Jasri,” jelas pria yang akrab disapa Malen itu.

Sementara itu, Kadis PUPR I Ketut Sedana Merta mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah menutup jalan supaya tidak ada warga yang melintasi jembatan ini. “Kita sudah pasang plang imbauan supaya tidak ada melintas,” ujar Sedana Merta. (okezone)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar