Meriahkan 1 Muharram 1445 H

Mahasiswa KKN UIN Gelar Pawai Obor di Labuhan Tangga Kecil

Meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah/2023 Masehi, Ratusan warga Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ikuti lomba pawai obor, Rabu (19/7/2023) malam, Ba'da sholat Isya. Lomba Pawai obor ini diprakars

ROHIL/86 - Meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah/2023 Masehi, Ratusan warga Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ikuti lomba pawai obor, Rabu (19/7/2023) malam, Ba'da sholat Isya. Lomba Pawai obor ini diprakarsai mahasiswa UIN Suska Riau yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa itu, bekerjasama dengan Remaja Masjid dan unsur masyarakat setempat.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dusun (Kadus) Tentram, Ismail JL, mewakili Penghulu Labuhan Tangga Kecil, didampingi oleh Ketua Masjid Al- Iman dan dihadiri Ketua RW, Ketua RT, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para undangan lainnya.
Pembukaan pawai ditandai dengan pembakaran api obor yang dilakukan oleh Kadus Ismail.

"Kami atas nama pemerintah kepenghuluan menyampaikan apresiasi kepada adik-adik KKN. Karena memanfaatkan mentum bersejarah ini dengan kegiatan positif, mudah mudahan tahun tahun kedepannya kegiatan seperti ini dapat lebih kita tingkatkan lagi," kata Ismail disela sambutan.

Sementara itu, pihak mahasiswa KKN UIN Susqa sekaligus ketua pelaksana kegiatan Fahmi Suhabirin Lubis mengatakan , kegiatan itu cukup mendapatkan antusiasme dari masyarakat. Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada generasi muda untuk menumbuh kembangkan kembali syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan momentum  memperingati tahun Baru Islam ini, dapat meningkatkan motivasi anak anak dalam mengedepankan syariat Islam," kata Fahmi Suhabirin.

Lomba pawai itu sendiri dimulai dari Masjid Al-Iman, lalu finis di Masjid Jami' Labuhan Tangga Kecil dengan rute perjalanan sekitar 3 kilometer. Tampak Warga yang terdiri dari kaum ibu, bapak, remaja hingga anak-anak sangat antusias mengikuti pawai obor itu.

Acara tampak semakin meriah karena peserta pawai diiringi dengan permainan rebana yang dimainkan  kaum ibu di Desa itu. Finis  di Masjid Jami' Labuhan Tangga Kecil, Panitia langsung melakukan pencabutan nomor undian, sekaligus menyerahkan hadiah bagi peserta yang beruntung. (BangDodi)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar