Hanya Anies yang Bersedia Hadiri Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers

Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri deklarasi kemerdekaan pers di Gedung Dewan Pers, kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu, 10 Februari 2024

JAKARTA/86 - Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri deklarasi kemerdekaan pers di Gedung Dewan Pers, kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Anies menjadi satu-satunya kandidat presiden dan wakil presiden yang datang secara langsung dalam acara seremonial ini. Dengan deklarasi ini, Dewan Pers ingin memastikan komitmen kuat untuk menjaga kemerdekaan pers.

"Ini adalah komitmen bagi demokrasi," kata Ketua Dewan Pers Niniek Rahayu dalam sambutannya.

Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden Anies, tidak hadir dalam acara ini. Pemandu acara mengatakan pasangan calon Ganjar Pranowo - Mahfud Md mengikuti ini melalui sambungan telekonferensi zoom.

Ganjar-Mahfud seperti diketahui menggelar kampanye akbar terakhir pada hari ini di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Belum ada konfirmasi dari Pasangan dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto - Gibran Rakabuking Raka sampai pukul 19.45 WIB. Acara dimulai pada Pukul 19.00 WIB. Paslon ini kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu sampai pukul 17.00 WIB.

Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Rosan Roeslani dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasyid mewakili masing-masing kandidat.


Dewan Pers meminta Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud menyatakan komitmennya untuk: Pertama, menjamin independensi dan kemerdekaan pers dari campur tangan pihak manapun.

Kedua, menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan dan kriminalisasi terhadap pers. Ketiga, mendukung pers yang profesional agar mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

Konstituen dewan pers yang menandatangani deklarasi ini termasuk Persatuan Wartawan Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen, Serikat Perusahaan Pers, Ikatan Jurnalis TV Indonesia, Serikat Media Siber Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia, Jadingan Media Siber Indonesia, Pewarta Foto Indonesia, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, Asosiasi TV Lokal Indonesia, dan Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia. (Tempo.co)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar