Kepenghuluan Tiga Kecamatan Wacanakan Usaha RAM dan PKS Mini Minyak Goreng

Kegiatan sosialisasi BUMDes dikantor LAM Bagan Sinembah

BAGANBATU --- Melakukan usaha bersama bukanlah hal yang awam dimasa sekarang ini. Bahkan, desa-desa atau Kepenghuluan di 3 kecamatan yang melingkupi Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya sepakat untuk mendirikan usaha bersama melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama. 

"Insya Allah, desa-desa atau Kepenghuluan di tiga kecamatan ini nantinya bersama-sama mendirikan usaha RAM dan PKS Mini produk Minyak Goreng," ungkap Sakinah kepada Riau86.com  usai sosialisasi BUMDes bersama yang dihadiri Kabid Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Rokan Hilir, Iriyan Cahyadi di gedung LAMR kawasan Bagan Sinembah, Selasa (13/11) siang. 

Untuk mencapai hal itu, lanjut Sakinah, maka diperlukan saling bekerjasama antar kepenghuluan dari tiga kecamatan baik dalam permodalan dan hal lainnya. 

Dalam waktu dekat ini, Sakinah menyatakan akan dilaksanakan lagi musyawarah mendirikan BUMDes bersama yang tersebut guna mematangkan segala sesuatunya. 

"Kebetulan, tadi Penghulu yang hadir sepakat dan setuju akan hal tersebut. Insha allah, awal Desember 2018 ini, kita musyawarah lagi soal BUMDes bersama itu," ungkap alumni STPDN angkatan ke XIII tersebut. 

Dijelaskan Sakinah, usaha Ram sawit dan rencana pendirian PKS Mini produk minyak goreng digagas, dikarenakan kecamatan Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya merupakan komoditi unggulannya adalah buah kelapa sawit. 

"Untuk itu, sudah sewajarnya tiga kecamatan ini ada usaha yang berhubungan dengan komiditi unggulannya," jelas Sakinah. 

Dalam sosialisasi tersebut, lanjut Sakinah, juga membahas galeri untuk produk unggulan desa-desa se kecamatan Bagan Sinembah. Yang mana, beberapa waktu lalu, hal tersebut sudah dicanangkan setiap desa atau Kepenghuluan membuat produk unggulan masing-masing. 

"Produk itu nantinya dibawa binaan BUMDes masing-masing Kepenghuluan. Rencana kita, kita buat di tanah Pemkab Rohil yang berada di jalan lintas Riau-Sumut di perbatasan sana," imbuhnya. 

Pada kesempatan itu, sebagai peserta sosilasi adalah para datuk penghulu dan ketua PKK desa dari tiga kecamatan yakni Bagan Sinembah, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya. Yang mana, masing-masing penghulu yang hadir membuat pernyataan untuk pendirian BUMDes bersama. (Armind)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar