Jelang Malam Pergantian Tahun, Pedagang Petasan dan Terompet Menjamur

Pedagang terompet menjamur di sepanjang jalaj Sudirman Kota Bagan Batu

BAGANBATU/86 - Pedagang petasan dan terompet musiman menjelang pergantian tahun 2019 di Kota Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah mulai menjamur hampir di setiap titik jalan di daerah itu.

 

Pantauan Riau86.com, bahwa pedagang terompet dan petasan menjajakan jualannya mulai siang hingga malam hari dan menghiasi hampir disepanjang pinggiran jalan Sudirman. 

 

Pedagang pun tidak hanya orang dewasa, ada pula anak-anak ikut mencoba mengais rezeki menjelang pergantian tahun 2019. Salah seorang pedagang, Jufri (40) mengatakan, bahwa usaha berdagang kembang api atau petasan dan terompet yang dilakoninya tidak setiap hari, tetapi hanya pada saat menjelang tahun baru dan lebaran.

 

" Sejak beberapa tahun menjelang pergantian tahun dan lebaran saya selalu berdagang petasan. Untungnya pun lumayan untuk tambahan jajan untuk anak-anak," ujar pria yang dikaruniai empat orang anak ini. 

 

Kata dia, omzet penjualannya berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, petasan dan yang dijualnya tahun ini hanya beromzet kecil karena modal yang dimilikinya juga tidak begitu besar.

 

" Dulu petasan yang saya jual ada yang harga ratusan hingga jutaan rupiah. Tetapi sekarang karena tidak didukung modal sehingga petasan yang dijual hanya seharga puluhan ribu. Sama dengan terompet ini, " katanya seraya menyebutkan baru dua hari ini mencoba mengais rezeki berjualan petasan. 

 

Dikatakannya, petasan yang diperdagangkannya beraneka ragam. Harganya pun tergantung daya ledakan petasan yang diminati pembeli. Begitu juga, terompet yang terbuat dari kertas dan bahan baku plastik. 

 

" Kalau jenisnya ada juga yang hanya mengeluarkan kembang api tapi tidak bunyi. Dan ada pula petasan yang ledakannya lumayan lantang saat di udara dengan beberapa kali bunyi," katanya. 

 

Ungkapan serupa juga diungkapkan oleh  Nur salah seorang pedagang terompet. Menurutnya, walau situasi ekonomi agak sulit, namun dirinya tetap mencoba peruntungan pada pergantian tahun tersebut. Mudah-mudahan saja ada hasilnya, itu makanya saya tidak berani membawa dagangan banyak-banyak. (MasMin)


[Ikuti Riau86.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar